“Bumi Kita Satu” Akan segera diluncurkan

Posted on Sabtu, 01 Januari 2011 and filed under , . You can follow any responses to this entry through theRSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry from your site

Jakarta, Dinamika Buruh –Bertepatan dengan acara Malam Penganugerahan Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA) 2010 yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR) pada tanggal 15 Desember 2010, Yayasan Kelompok Kerja Visi Anak Bangsa (YKKVAB) bersama dengan AICÓN Strategic Sustainability Management mengumumkan sebuah ide kreatif untuk menyuarakan Social Responsibility (SR) atau tanggung jawab sosial kepada publik melalui media online dan e-magazine “Bumi Kita Satu” dengan slogan “Your Socially Responsible World Online”.
Sebagai media pendidikan publik mengenai Social Responsibility (SR), Bumi Kita Satu bertujuan untuk memberikan pemahaman bahwa semua pihak tidak hanya perusahaan, memiliki SR yang harus dipahami dan dilakukan bersama-sama secara kolektif demi mencapai pembangunan berkelanjutan dan melestarikan bumi.

Gagasan pendidikan publik ini muncul karena seringkali pemahaman mengenai SR secara umum hanya dikenal sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) yang berupa program kegiatan sosial dan lingkungan eksternal yang dilakukan oleh perusahaan. Pada kenyataannya, beragam standar, panduan, penulisan ilmiah dan pandangan para ahli menempatkan konsep CSR sebagai konsep dan perilaku bisnis beretika yang terintegrasi dalam setiap aspek perusahaan. Lebih lanjut lagi, seiring dengan munculnya ISO 26000 Guidance on Social Respon-sibility pada kuartal keempat tahun 2010 ini, maka pemahaman SR akan mendunia dan semua pihak akan didorong untuk melakukan SR pada perannya masing-masing. SR secara luas akan menjadi tanggung jawab semua organisasi melalui kebijakan dan implementasi SR yang terintegrasi dan strategis dan juga menjadi tanggung jawab individu melalui gaya hidup berwawasan sosial lingkungan.

Berbagai fitur dalam Bumi Kita Satu akan diolah dan diperbaharui secara rutin. Melalui metode syndication dan aggregation, Bumi Kita Satu akan menjadi sebuah jaringan informasi terhubung dengan situs-situs organisasi lainnya yang memiliki beragam isu SR. Untuk menumbuhkan partisipasi publik terhadap SR, Bumi Kita Satu akan menyediakan fitur “Kata Pembaca” dan “Forum Publik”. Ditambah lagi, Bumi Kita Satu menurut rencana juga akan dilengkapi fitur yang menyajikan resensi buku tentang SR dan menyediakan berbagai dokumen, seperti undang-undang, peraturan, panduan, dan konvensi terkait SR yang dapat diunduh dalam bentuk softcopy oleh para pengguna.

Diharapkan proses pencarian pendanaan akan berjalan lancar sehingga publik dapat memanfaatkan dan mengakses Bumi Kita Satu http://bumikitasatu.org pada tanggal 23 Februari 2011.

NCSR merupakan lembaga nonprofit pertama yang menyatakan mendukung YKKVAB dan AICÓN dalam menyukseskan Bumi Kita Satu. Langkah NCSR yang telah terbukti secara konsisten memberikan pelatihan dan informasi mengenai Pelaporan Keberlanjutan (Sustainability Reporting) kepada banyak perusahaan, tidak hanya di Indonesia, namun juga di Filipina dan Malaysia. Dibentuk pada tahun 2005 oleh 5 lembaga (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Manajemen Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, Asosiasi Emiten Indonesia, Forum for Corporate Governance in Indonesia, dan Indonesian-Netherlands Association), saat ini NCSR berafiliasi langsung dengan Global Reporting Initiative (GRI) yang berkedudukan di Amsterdam, Belanda. Dalam waktu singkat NCSR akan menjadi GRI training partner untuk Sustainability Report di kawasan Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Selain itu Bumi Kita Satu akan membangun link dengan website milik NCSR sehingga para pihak dapat saling menyebarkan informasi mengenai kegiatan terkait SR kepada publik.  (rat/db)

0 Responses for “ “Bumi Kita Satu” Akan segera diluncurkan”

Leave a Reply

Recently Commented

Recent Entries

Photo Gallery