Tragis, 20 Balita Penderita Gizi Buruk Ditemukan Di Enam Desa

Posted on Sabtu, 01 Januari 2011 and filed under . You can follow any responses to this entry through theRSS 2.0 . You can leave a response or trackback to this entry from your site

Brebes, Dinamika Buruh -Sebanyak dua puluh balita penderita gizi buruk ditemukan di kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes Jawa Tengah. Saat ini penderita gizi buruk yang rata-rata berusia antara 1 hingga 5 tahun itu sedang dipantau secara intensif dan diupayakan peningkatan dengan pemberian makanan tambahan dan vitamin.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator bidang puskesmas Kaliwadas, Nurhanisah pada Rakor dengan Muspika se-kecamatan Bumiayu, Selasa (9/11) lalu.  Lebih lanjut dikemukakan, ada 20 balita penderita gizi buruk yang tersebar di enam desa.  Enam desa tersebut yakni di desa Pruwatan 8 anak, desa Laren 2 anak, Kaliwadas 5 anak, Pamijen 1 anak, Kalisumur 3 anak dan Kalinusu 1 anak. 2o balita penderita gizi buruk tersebut diketahui para kader posyandu karena kategori dibawah garis merah (BGM) sesuai dengan panduan buku Kartu Menuju Sehat (KMS).

Pendertita gizi buruk tersebut terus mendapatkan perawatan dan dipantau perkembangannya. Selama ini juga diberikan makanan bergizi juga pengobatan penyakit penyerta bagi anak penderita gizi buruk. 

Menurut Nurhanisah, penderita gizi buruk yang ditemukan tidak semuanya berasal dari keluarga kurang mampu. Gizi buruk yang diderita 20 balita tersebut umumnya disebabkan oleh faktor penyakit seperti TBC, akut, juga tidak maksimalnya pemberian Air Susu Ibu (ASI). Termasuk akibat akibat pemberian makanan padat sebelum waktunya.

Rakor yang dipimpin oleh Camat bumiayu, Eko Purwanto,S.IP hari itu diikuti oleh para unsur muspika, para kepala instansi pemerintah tingkat kecamatan dan para kepala desa se-kecamatan setempat. Rakor tersebut membahas tentang seputar situasi di kecamatan Bumiayu juga konsolidasi antar SKPD/dinas/instansi terkait ditingkat kecamatan.  (Zaenun M)

0 Responses for “ Tragis, 20 Balita Penderita Gizi Buruk Ditemukan Di Enam Desa”

Leave a Reply

Recently Commented

Recent Entries

Photo Gallery